Rabu, 20 Juli 2011

Persiapan Kerja / Cara Membuat Resume

A. Tujuan Umum :
Warga belajar dapat mengembangkan potensi-potensi dalam dirinya, baik secara eksternal maupun internal, serta rasa percaya diri dalam berintegrasi dengan lingkungannya.

B. Tujuan Khusus :
Warga belajar dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi dunia kerja, mengikuti wawancara dengan sukses, dan mempresentasikan diri serta meyakinkan orang lain akan kemampuannya.

C. Pokok Bahasan : Persiapan Kerja, Interview, dan Presentasi

D. Sub Pokok Bahasan : Cara Membuat Resume

E. Sumber Pembelajaran :
1. Pengambangan Kepribadian, Euis Winarti, Penerbit Graha Ilmu.
2. Meniti Sukses Menata Masa Depan, M. Syahrial Yusuf,dkk. Penerbit Graha Ilmu.
3. Pengembangan Diri, Lembaga Pengembangan Kepribadian John Robert Powers.
4. Professional Image, A. B. Susanto.
5. Mengatur Waktu Secara Efektif, Lothar J. Seiwert, PT Elex Media Komputindo.

F. Metode Pembelajaran :
1. Presentasi
2. Diskusi
3. Studi kasus
4. Games

G. Materi Pembelajaran :

1. Contoh :
a. Orang yang baru lulus sekolah.
b. Orang yang baru lulus kuliah.

2. Mempersiapkan CV Anda sendiri :

Langkah 1 : Naskah CV
Pilih waktu yang tenang, ketika Anda tidak diganggu, karena Anda memerlukan semua konsentrasi, pada :

Pendidikan
Mulailah dari SLTA, taruh setiap sekolah dan universitas, kursus, serta kualifikasi yang pernah Anda hadiri, pelajari, atau peroleh.

Pekerjaan
Lakukan ini dengan mencatat setiap perusahaan tempat Anda pernah bekerja, baik penuh waktu, paruh waktu, semasa liburan, atau kerja suka rela.

Keterampilan lain
Putar otak Anda untuk menambahkan berbagai hal dalam bagian ini :
1. SIM
2. Keterampilan menggunakan computer dan mengolah kata.
3. Kemampuan menggunakan alat, mesin.
4. Keterampilan berbahasa.

Minat
Masukkan setiap kegiatan waktu luang / hobi yang pernah Anda jalankan ( pilih 3 – 4 kegiatan olahraga dan tuliskan kegiatan lain dengan jumlah yang sama ).

Informasi tambahan
Ini adalah bagian yang dapat membuat Anda benar-benar diterima. Jika Anda ingin CV Anda untuk menarik bagi perusahaan, gunakan ruang ini untuk memilih kekuatan-kekuatan utama. Cukup tuliskan apa yang dikatakan oleh kawan baik Anda, atau mungkin ibu Anda, tentang diri Anda, di hari yang baik.

Referensi
Tanyakan kepada dua orang dalam referensi Anda, apakah mereka dapat menerima untuk dimasukkan dalam CV Anda. Pastikan bahwa perincian di dalamnya adalah benar.

Langkah 2 : Mengedit CV Anda
Sekarang baca semua yang telah Anda tuliskan, Anda perlu menggunakan sebagian besar waktu di bagian pendidikan dan pengalaman. Peraturannya adalah – jika ragu, singkirkan, sehingga informasi yang tersisa adalah jelas, padat, dan menarik untuk dibaca. Bagian ini harus menceritakan karier Anda sampai saat ini dengan menekankan prestasi Anda dan memperlihatkan perkembangan Anda.

Langkah 3 : Versi Terakhir
Periksa semua yang telah Anda tulis. Jika Anda yakin semua isinya benar dan akurat, maka Anda siap meminta agar versi terakhir tersebut diketik.

Setelah dokumen itu diketik, perlihatkanlah CV Anda ke satu orang lain. Orang lain sering kali dapat melihat kesalahan yang tidak Anda lihat, walaupun Anda membacanya berulang-ulang.

Jika Anda merasa puas bahwa CV itu adalah refresentasi yang baik dari kekuatan dan asset Anda, ujian yang sebenarnya adalah menggunakannya untuk melamar pekerjaan dan menghubungi perusahaan-perusahaan.

Langkah 4 : Surat Pengantar
Anda tidak akan pernah mengirimkan hanya CV Anda saja. Setidaknya, Anda akan menulis sebuah surat ke perusahaan yang menyebutkan pekerjaan apa yang Anda lamar.

Anda harus mengatakan mengapa Anda mengirimkan CV Anda, sedikit tentang diri Anda sendiri, dan apa yang Anda inginkan untuk terjadi berikutnya.

Semua surat adalah bersifat pribadi bagi penulisnya. Di bawah ini beberapa saran umum tentang cara menyusun surat pengantar Anda :

1. Buat surat itu sependek mungkin, perusahaan telah memiliki dua halaman dalam CV Anda untuk dibaca.

2. Surat ini merupakan pendahuluan bagi CV Anda, pastikan bahwa surat Anda cukup menarik agar CV Anda benar-benar dibaca.

3. Selalu bersikap ramah – bersikap ramah tidak memerlukan biaya apapun dari Anda dan kesopanan pasti akan mengesankan pembaca.

4. Gunakan kertas polos yang baru untuk memberikan kesan yang baik. Surat pengantar dapat dibuat dengan pengolah kata, diketik, atau ditulis tangan dengan rapi.

5. Beri perhatian yang sama pada surat Anda seperti yang Anda berikan pada CV. Usaha Anda untuk membuat CV akan sia-sia jika perusahaan tidak menyukai surat Anda ketika menerimanya dalam keadaan kotor, dan melemparkannya ke tempat sampah.

6. Jika Anda mengirimkan CV Anda sebagai tanggapan pada sebuah iklan, pastikan bahwa Anda mengalamatkan surat tersebut ke orang yang tepat, dan katakan dari mana Anda mengetahui lowongan tersebut.
Perusahaan itu dapat mengiklankan beberapa pekerjaan secara bersamaan, di beberapa publikasi yang berbeda, dan perlu mengetahui pekerjaan apa yang Anda lamar.

7. Jika Anda mendekati perusahaan yang kemungkinan memiliki peluang, tetapi belum memasang iklan, cobalah temukan nama orang yng ingin Anda dekati dan kirim surat kepadanya secara pribadi.

8. Buatlah dafar semua tempat ke mana Anda mengirimkan CV Anda, dan tanggal CV tersebut dikirimkan. Jika Anda tidak mendengar kabar apapun, selalu bermanfaat untuk menghubungi perusahaan tersebut melalui telepon dalam waktu tiga atau empat minggu, sekedar untuk mengetahui apakah ada berita tertentu.

H. Evaluasi/ Latihan :
Setelah Anda mempelajari materi kuliah, maka Anda dapat mengerjakan tugas berikut, dengan cara mendownload dan kirimkan jawaban Anda ke email : eisyainstitute@yahoo.co.id !

Tugas Anda !

CURRICULUM VITAE

Nama : Sri Mulyani Indrawati
Alamat : Jalan Flamboyan RT 12 No. 16 Balikpapan 76132
Telepon : 0542.752.4432
Tanggal lahir : 16 Agustus 1974
Kewarganegaraan : Indonesia

Pendidikan :
Juli 1988 – Juni 1991
SLTA Tunas Bangsa Samarinda

Pekerjaan :
Juni 1988 sampai sekarang.
Agen Surat Kabar Super Balikpapan.
Pengantar Surat Kabar Kaltim Post.
Memilah dan mengirimkan surat kabar dan menangani uang kas.

Pekerjaan Sukarela :
Sejak kelas dua SLTA saya sudah bekerja membantu orang-orang tua yang tidak dapat meninggalkan rumah. Saya secara rutin mengunjungi tiga orang yang tinggal di sekitar tempat saya dan membantu mereka dalam berbelanja dan berbagai pekerjaan rumah tangga lainnya. Saya menemukan pekerjaan ini sangat menarik dan memberikan kesenangan yang besar, dan ingin terus melakukannya dalam waktu senggang saya.

Keterampilan Lain :
Saya menjadi Ketua OSIS sewaktu saya kelas dua SLTA dan membantu mengorganisasikan pertemuan dan pertandingan olah raga. Saya dapat mengetik 30 kata per menit dan saat ini saya sedang belajar menggunakan pengolah kata. Saya merencanakan untuk belajar mengemudi awal bulan depan.

Minat :
Seni bela diri, medali perunggu untuk renang, bermain skate board, memasak, dan menyulam.

Informasi Tambahan :
Saya adalah orang yang sopan dan dapat bekerja sama dan saya sepenuhnya mencurahkan perhatian saya pada pekerjaan yang sedang saya lakukan. Saya menjadi anggota klub pemuda lokal dan secara rutin mengikuti klub renang.
Sejak SLTP saya sudah mengikuti kelompok drama di sekolah dan telah tampil di banyak pertunjukan.

Referensi :
1. Bapak Aziz ( pemilik )
Agen Surat Kabar Super Balikpapan
Jalan Mawar No. 2 Balikpapan 76122
Telepon : 0542.5656745

2. Ibu Sumarni ( Kepala Sekolah )
SMA Tunas Bangsa Samarinda
Jalan Kemuning No. 15 Samarinda 75231
Telepon : 0541.465871

CURRICULUM VITAE

Nama : Robi Gunawan
Alamat : Jalan Markoni Atas RT 12 No. 02 Balikpapan 76122
Telepon : 0542.764563
Tanggal lahir : 18 Juni 1969
Kewarganegaraan : Indonesia

Status sipil : Belum menikah

Pendidikan :
1981 – 1984 SMP Negeri 5 Balikpapan
1984 – 1987 SMA Patra Dharma Balikpapan
1987 – 1992 Universitas Tri Sakti Jakarta

Sarjana dalam Ilmu Sosial :
Mempelajari ekonomi, sejarah, ilmu politik, filsafat, geografi, dan statistika.

Spesialisasi dalam :
Studi pembangunan. Skripsi saya adalah tentang Hutang Dunia Ketiga.

Pekerjaan :
Kedua pekerjaan ini paruh waktu, dan berlangsung selama liburan dan pada malam hari semasa kuliah.
1989 Kantin Universitas Tri Sakti Jakarta, Penjaga Kantin
1989 Katering Universitas Tri Sakti Jakarta, Asisten Katering

Keterampilan Lain :
Saya dapat menggunakan komputer dan mengenali beberapa paket pengolah kata.

Minat :
Menjaga kebugaran ( saya adalah anggota dari beberapa kelompok olhraga ketika di universitas ), membaca, bepergian, musik.

Informasi Tambahan :
Setelah berhasil menyelesaikan kuliah saya di Universitas Tri Sakti Jakarta, saya berusaha memperoleh pekerjaan dalam bidang administrasi, pekerjaan kantor pada umumnya, atau pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan angka. Saya sangat ingin memulai karir saya dan akan menjadi karyawan yang loyal dan dapat diandalkan.

Referensi :
1. Profesor Sumarno Sumartoyo
Universitas Tri Sakti Jakarta 11330
Telepon : 021. 54448876

2. Dr. L.M. Sumantri Broto
Jalan Cempaka Putih No. 97 Jakarta 14265
Telepon : 021.65466379

Contoh Surat Pengantar :


Yth. Direktur PT Indo Stars Group
Jalan Jend. Ahmad Yani No. 243, Balikpapan 76123

Dengan hormat,

Bersama ini saya mengirimkan Curriculum Vitae untuk perhatian Bapak. Saya adalah seorang ibu berusia 31 tahun dengan dua anak. Seperti yang Bapak lihat dari Curriculum Vitae saya, saya memiliki pengalaman lima tahun mengerjakan administrasi di sebuah kantor sibuk dan baru-baru ini telah menyelesaikan kursus pengolahan kata di satu pusat pelatihan lokal.

Saya adalah orang bermotivasi tinggi, ambisius, dan menikmati bekerja dengan batas waktu. Saya memilki referensi yang sangat baik dan sangat menginginkan kesempatan untuk bekerja sebagai bagian dari kelompok Indo Stars Group.

Saya akan sangat berterima kasih, jika Bapak dapat menghubungi saya, jika terdapat lowongan dalam perusahaan Bapak, atau menyimpan informasi saya ini dalam arsip untuk lowongan di masa mendatang.

Terima kasih atas perhatian Bapak pada surat ini. Saya sangat mengharapkan berita dari Bapak.

Hormat saya,



Helen Agnesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar